Tambak Udang Vaname Menggeliat, BBU Pasir Putih Siap Pasok Benur

Tukak Sadai — Tambak udang Vaname di Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai menggeliat. Tumbuhnya usaha tambak udang ini mesti mendapat dukungan terutama bibit atau benur.

Terkait hal ini, Balai Benih Udang di Desa Pasir Putih Kecamatan Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan menyatakan sikap siap membina petani tambak yang ada di daerah itu.

IMG 20220520 WA0002

Pengelola Benur Balai Benih Udang (BBU) Desa Pasir Putih, Robin, kepada wartawan menyampaikan, saat ini telah mulai membantu petani untuk memenuhi kebutuhan benur. Hal ini dilakukan agar harga beli benur lebih murah dibanding mendatangkan benur dari luar daerah.

035005f2ceb73c128b66c4e36b910f69288286d48a559ea67ec0b369357d20ab.0

BBU Desa Pasir Putih, kata Robin, membuka pintu bagi petani tambak yang ingin mendapatkan benur yang unggul. Dengan benur yang unggul maka hasil panen dapat memuaskan para petani tambak udang Vaname.

“Sekarang hampir semua petani tambak di wilayah ini memesan benur ke BBU Desa Pasir Putih, bahkan ada yang berasal dari Sungailiat Kabupaten Bangka dan. Untuk dari Bangka Barat ada yang berasal dari Bakit dan Mentok,” kata dia, Sabtu (9/4/2022).

Tak hanya itu, tambah Robin, para pembeli benur Vaname juga ada yang berasal Kabupaten Bangka Tengah seperti dari Penyak dan Lubuk Besar. BBU Desa Pasir Putih, kata dia, menyediakan benur Vaname kualitas F1 untuk daerah Bangka Belitung.

Kualitas bibit FI, ungkap Robin, memiliki karakteristik benur lebih segar lantaran jarak tempuh ke lokasi tambak yang membeli lebih dekat. Hal ini tentu berbeda jika membeli benur Vaname dari luar daerah yang jarak tempuhnya agak lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.