Pangkalpinang — Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil melepas 107 atlet Kontingen Pangkalpinang yang akan bertanding pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Bangka Belitung (Babel) 2022 di Fox Harris Hotel, Jumat (15/7/2022).

Dalam ajang POPDA tahun ini Maulan Aklil optimis Kontingen Kota Pangkalpinang akan kembali meraih gelar Juara Umum POPDA Bangka Belitung yang akan berlangsung tanggal 17-23 Juli tahun 2022 di Kota Pangkalpinang.

IMG 20220715 WA0039
Foto: istimewa.

Menurut Maulan Aklil, 107 atlet yang akan bertanding terdiri dari 69 atlet putra dan 38 orang atlet putri. Total kekuatan kontingen Pangkalpinang sebanyak 135 orang, 28 orang diantaranya merupakan pelatih dan tim official.

Disampaikan Walikota, selama POPDA berlangsung semua atlet, pelatih, dan official mendapat fasilitas penginapan di Fox Harris Hotel dan mendapat jaminan kesehatan dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Fasilitas yang kita berikan ini untuk menambah semangat agar 2022 kembali meraih juara umum, kita doakan semuanya juara, berprestasi jadi atlet yang hebat, semoga terus naik hingga kancah nasional dan internasional,” harap Molen sapaan akrab Maulan Aklil.

Suami Monica Haprinda itu berpesan kepada para atlet, pelatih, dan official dan menitikberatkan agar selalu menjaga kemampuan, daya tahan tubuh hingga konsentrasi.

“Saya ini dulu fisiknya kurang mendukung jadi atlet, postur badan kalian bagus, yang pasti badan kayak ini jauh dari narkoba, ingat tidak sembarangan orang jadi atlet POPDA. Anak Walikota saja tidak ditunjuk jadi atlet seperti kalian, ini kebanggaan untuk orang tua kalian dan untuk Pangkalpinang,” ungkap Molen.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pangkalpinang, Manto menyebut para atlet POPDA ini telah melewati fase seleksi. Dia berharap Pangkalpinang dapat keluar sebagai juara umum POPDA 2022 sehingga mendominasi tim POPNAS nantinya di tahun 2023.

“Kami berharap para atlet, pelatih dan official untuk dapat menjaga kondisi tubuh, kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk penanganan jika ada yang sakit dan lain-lain. Pangkalpinang identik dengan juara umum, tahun ini tahun 2022 kita juara umum juga,” ujar Manto dengan nada optimis.

Sekedar informasi, cabang olahraga yang dipertandingkan pada POPDA Bangka Belitung tahun 2022 sebanyak 8 cabang yaitu Sepak Bola, Bola Basket, Bola Voli, Sepak Takraw, Bulu Tangkis, Tenis Lapangan, Tinju dan Pencak Silat.

Sumber : Kominfo Pangkalpinang