SUARABAHANA.COM — Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) menginginkan agar olahraga dapat dikembangkan menjadi sebuah industri yang menguntungkan.

Walikota meyakini bahwa melalui olahraga dapat memberi dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya di Kota Beribu Senyuman.

“Sumsel juga mengangkat dari pariwisata olahraganya. Bagaimana Pak Alex Nurdin membikin olahraga jadi sebuah industri yang bisa meningkatkan ekonomi dan mengembangkan Sumsel.

IMG 20230303 WA0045
Sumber foto: istimewa.

Kita kenapa tidak?” ucap Molen dalam sambutannya pada kegiatan pembentukan Pengurus Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Kota Pangkalpinang Masa Bakti 2023-2027, Jumat (03/03/2023) di Ruang OR Pemkot Pangkalpinang.

Menurut Molen, banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk menciptakan dunia industri olahraga di Kepulauan Bangka Belitung.

Sebagai kepulauan penghasil timah, Bangka Belitung memiliki tokoh penting utama yaitu Tony Wen yang berperan besar dalam pembentukan organisasi pertama di bidang olahraga.

“Ada yang kita punya, sesuatu yang orang lain tidak tahu, seperti basket kemarin orang baru tahu dengan Tony Wen. Ternyata ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) pusat pertama sekali itu orang Bangka. Banyak orang yang tidak tahu. Kita juga punya banyak pemain bola hebat, pemain bulu tangkis hebat juga,” kata dia.

IMG 20230303 WA0044
Sumber foto: istimewa.

Dia melanjutkan, bahwa industri olahraga dinilai begitu menarik. Apalagi dengan hadirnya Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) ini.

“Dengan berolahraga tubuh, wawasan, dan pemikiran akan jauh lebih sehat. Anak didik dan anak-anak muda pun akan jauh dari penyalahgunaan narkoba.

200 ribuan lebih masyarakat Kota Pangkalpinang ini butuh perhatian. Dan sekian persennya adalah masalah kesehatan yaitu olahraga. Saya suka olahraga,” tutupnya.

 

Jangan lupa ikuti berita Suara Bahana lainnya di Google News