SUARABAHANA.COM — Proses tender atau lelang proyek Pembangunan Pasar Toboali Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dijadwalkan akan dilakukan pada minggu keempat bulan Juli tahun 2023.

Hal ini disampaikan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Bangka Belitung, Miarka Risdawati, saat peninjauan lokasi dan survey akhir dalam rangka finalisasi Detail Engineering Design (DED) Pembangunan Pasar Toboali, Kamis (13/7/2023) siang.

IMG 20230713 121249 scaled
Sumber foto: istimewa.

“Harapan kami di minggu keempat bulan Juli 2023 sudah lelang. Kami bagi tugas, pemerintah daerah mengurus pedagang dan kami mengurus lelang,” kata Miarka kepada wartawan di Pasar Toboali.

Menurut Miarka, peninjauan lokasi dan survey akhir DED Pembangunan Pasar Toboali melibatkan tim dari Direktorat Prasarana Strategis, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI.

Ditambahkan Miarka, proyek Pembangunan Pasar Toboali direncanakan dilakukan dengan sistem multiyears. Saat ini, dana yang tersedia, kata Miarka, sebanyak Rp 10 Miliar. Direncanakan dana yang diusulkan sebesar Rp 30-35 Miliar.

Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid melalui Sekda Eddy Supriadi yang ikut mendampingi tim survey ke Pasar Toboali mengaku antusias dengan terlaksananya Pembangunan Pasar Toboali dalam tahun ini.

“Kami pemerintah daerah insyaallah sangat antusias berkaitan dengan pembangunan pasar ini. Yang pasti kami sangat berkomitmen. Seperti yang disampaikan kepala balai tadi, kami bagi tugas,” kata Eddy.

Disebut Eddy, bila proses lelang Pembangunan Pasar Toboali telah dilakukan, maka pihaknya akan segera melakukan penataan dan relokasi terhadap pedagang. Anggaran relokasi telah disiapkan sebesar Rp 700 Juta.