SUARABAHANA.COM — Fiola Febiona pelajar SMP Negeri 1 Toboali Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan adu kemampuan akademik dengan peserta dari seluruh Indonesia pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2023.

Keberhasilan siswi kelas IX C bersama 3 pelajar SMP dari kabupaten atau kota lainnya lolos ke penjaringan tingkat nasional usai menjadi pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2023 bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada 26 – 27 Juni 2023 lalu.

Laporan reporter Suara Bahana, Fiola yang hobi berenang dan memasak mengaku senang dapat mengikuti kegiatan OSN jenjang SMP yang dapat menambah pengalaman, pemahaman dan pengetahuan dalam bidang pelajaran yang diikuti.

IMG 20230725 092710
Foto bersama Fiola Febiona (tengah) bersama guru pembimbing Vera Triana, S.Pd (batik merah) dan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Toboali, Siti Khalimi, S.Pd (kanan).

Dia menyampaikan terima kasih kepada guru-guru yang telah membimbing hingga dirinya dinyatakan lolos ke tingkat nasional. “Saya sangat berterima kasih kepada guru-guru yang telah membimbing saya hingga sampai di titik ini,” kata Fiola, Selasa (25/7/2023).

Vera Triana, S.Pd, guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Toboali sekaligus guru pembimbing OSN IPS sangat berbahagia dan bersyukur atas prestasi dan capaian yang telah dicapai anak didiknya.

Vera menyebut, suatu kebahagian tersendiri bagi dirinya selaku guru pembimbing Fiola Febiona yang pada tahun ini lolos ke tingkat Nasional karena baru tahun 2023 OSN IPS bisa melenggang hingga ke tingkat Nasional.

“Terima kasih atas dukungan ibu kepala sekolah SMP Negeri 1 Toboali yaitu Ibu Siti Khalimi sampai saat ini. Semoga ananda Fiola bisa Go to Internasional sebagai perwakilan Indonesia ke ajang bergensi OSN Tingkat Dunia,” kata Vera Triana.

Ditambahkan Vera, selain Fiola, untuk bidang IPS ada tiga pelajar lainnya yang akan mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yakni dari SMP Kristen Kalam Kudus Pangkalpinang, SMP Negeri 2 Sungailiat Bangka, dan SMP Negeri 1 Koba Bangka Tengah.

Sementara Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Toboali, Siti Khalimi, S.Pd juga menyatakan sangat bahagia dan bangga serta bersyukur atas capaian anak didiknya. Siti berharap Fiola dapat mengharumkan nama sekolah sekaligus nama Kabupaten Bangka Selatan di tingkat Nasional.

Tak hanya itu, Siti Khalimi juga menyampaikan agar guru yang membina dan mendampingi siswa tersebut dari tingkat kecamatan sampai tingkat provinsi tetap dilibatkan go nasional, setidaknya sebagai bentuk penghargaan terhadap guru tersebut.

“Semoga OSN IPS go nasional ini menjadi motivasi untuk mata pelajaran lain kedepannya dan menjadi motivasi bagi siswa-siswi khususnya di SMPN 1 Toboali Kabupaten Bangka Selatan,” tandas Siti, Selasa (25/7/2023).

Olimpiade Sains Nasional

Melansir detakpustaka.com, Olimpiade Sains Nasional adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi para siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dan adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing.

Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional ini didasarkan pada kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade Fisika Internasional (IPhO – International Physics Olympiad) yang diselenggarakan di Bali pada tahun 2002. Olimpiade Sains Nasional berlaku sekali dalam satu tahun serta bertepatan dalam kota yang berbeda-beda.

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional.