SUARABAHANA.COM — Komando Distrik Militer (Kodim) 0432 / Bangka Selatan telah menggelar sebuah kegiatan bakti kesehatan yang meriah dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI. Acara ini telah berlangsung dengan semarak di Markas Kodim Bangka Selatan, yang terletak di Desa Bikang Kecamatan Toboali.

Pelaksanaan kegiatan ini tidak hanya terbatas di Bangka Selatan, melainkan juga di beberapa daerah satuan jajaran TNI di seluruh Indonesia. Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, secara resmi membuka kegiatan ini melalui video conference yang terpusat dari lapangan Monas Jakarta.

Dandim 0432/Bangka Selatan, Letkol Gani Rachman, memberikan wawancara kepada sejumlah wartawan yang hadir di lokasi kegiatan ini, dan beliau menjelaskan bahwa kegiatan Bakti Kesehatan ini adalah bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-78 TNI yang puncaknya akan diadakan pada tanggal 5 Oktober mendatang.

IMG 20230924 174232 scaled
Sumber foto: Martono/Suara Bahana.

“Untuk kegiatan hari ini yang kita laksanakan ada 5 item yakni sunatan massal, pemeriksaan kesehatan umum, donor darah, operasi katarak, dan pemberian bansos.

Kita melibatkan seluruh personil Kodim Bangka Selatan, bersama dengan TNI AL, turut serta dalam kegiatan ini dengan dukungan dari Pemkab Bangka Selatan, Polres Bangka Selatan, dan DPRD Bangka Selatan,” ungkap Dandim, Minggu (24/9/2023).

Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat yang berada di sekitar Markas Kodim Bangka Selatan. Letkol Gani Rachman menyebut, untuk kesehatan umum targetnya adalah sekitar 120 orang, untuk donor darah 50 kantong darah, sunatan massal dengan kuota 15 orang, dan bansos untuk 80 orang.

IMG 20230924 WA0008
Sumber foto: Riki.

“Kegiatan Bakti Kesehatan ini bukan hanya sebuah perayaan, melainkan juga upaya nyata untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Dengan melibatkan berbagai pihak dan menyasar masyarakat di sekitar Kodim Bangka Selatan, diharapkan manfaat yang diberikan oleh kegiatan ini akan dirasakan oleh banyak orang,” tambah Dandim.

Puncak perayaan HUT ke-78 TNI di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan dilaksanakan terpusat di Kantor Gubernur. Semangat kebersamaan dan dedikasi TNI dalam melayani masyarakat terus terpancar melalui kegiatan seperti ini.

IMG 20230924 184636
Sumber foto: istimewa.

“Perayaan HUT ke-78 TNI bukan hanya sebuah perayaan militer, melainkan juga sebuah momen untuk merayakan kebersamaan antara TNI dan rakyat. Semoga kegiatan-kegiatan positif seperti ini terus berlanjut untuk kebaikan bersama,” tandas Dandim.