SUARABAHANA.COM — Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), akan menjadi pusat perhatian pecinta sepak bola pada tanggal 23-27 Oktober mendatang.

Stadion Depati Amir, yang telah siap sedia, akan menjadi saksi dari pertandingan kualifikasi Tim Sepak Bola Pra PON Putri yang merupakan bagian dari persiapan menuju PON XXI 2024.

Ketua Asprov PSSI Bangka Belitung, Mintraddaya, telah mengungkapkan kesiapan dan optimisme dalam menjalani babak kualifikasi ini. Persiapan tidak hanya terbatas pada venue, tetapi juga performa para atlet.

IMG 20231007 WA0013

Atlet sepak bola putri Babel telah mempersiapkan diri sejak awal tahun 2023 dan memulai pemusatan pelatihan mereka pada bulan Juli 2023.

Ini adalah kali kedua Bangka Belitung menjadi tuan rumah, dan ini menjadi wujud kerja keras mereka untuk menyelenggarakan acara ini.

“Ini kali kedua Bangka Belitung menjadi tuan rumah. Tahun sebelumnya, pertandingan dialihkan ke Belitung Timur karena renovasi stadion,” ujar Mintraddaya, yang juga didampingi oleh Wakil Ketua Asprov PSSI Babel, Manto, dan Sekretaris Asprov PSSI Babel, Nur Arrohim.

Mintraddaya juga memberikan apresiasi khusus kepada Dispora Pangkalpinang yang telah mendukung persiapan babak kualifikasi ini.

IMG 20231007 WA0012

Dukungan ini mencakup fasilitas dan sarana prasarana yang diperlukan untuk pertandingan. Selain itu, istri Wali Kota Pangkalpinang, Monica Haprinda, telah menjadi pembina Tim Prapon Putri, menunjukkan dukungan yang kuat dari pemerintah daerah.

“Asprov PSSI Bangka Belitung mengapresiasi dukungannya karena telah menggunakan fasilitas Kota Pangkalpinang. Terbantu oleh fasilitas dari perlengkapan, sarpras, dan transportasi,” tambahnya.

Penginapan untuk atlet sepak bola putri telah disiapkan di Wisma SKB. Sementara untuk tim tamu, saat ini belum ada konfirmasi, tetapi pihak penyelenggara telah merekomendasikan tempat penginapan yang tidak jauh dari lokasi pertandingan.

Babak kualifikasi PON XXI 2024 di Pangkalpinang ini akan diikuti oleh tiga provinsi, yaitu Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, dan Sumatera Selatan.

Mintraddaya sangat optimis dengan performa tim Bangka Belitung, terutama karena Babel dianggap sebagai tim unggulan di grup ini. “Optimis sangat, apalagi untuk Sumatera bisa dikatakan tim unggulan. Semoga bisa lolos PON Aceh-Sumut nanti,” ucapnya penuh semangat.

Dalam PON sebelumnya, Tim Prapon Putri berhasil meraih medali perunggu. Kali ini, harapan lebih besar ada pada tim Babel.

Mintraddaya percaya bahwa pemain-pemain yang sebagian besar merupakan anggota squad PON Papua ini masih termotivasi dan semoga dapat memberikan penampilan yang lebih baik.

“Mereka masih termotivasi. Mudah-mudahan sekarang lebih baik lagi. Yang penting, lolos ke PON,” tandas Mintraddaya.

Kepada masyarakat Bangka Belitung, khususnya warga Kota Pangkalpinang, Mintraddaya mengajak untuk mendukung dengan antusiasme tim Babel dan datang untuk menyaksikan pertandingan.

“Mohon support dan restu masyarakat semoga Babel lolos PON 2024,” tutupnya dengan harapan yang tulus.

Tim sepak bola Prapon Putri Bangka Belitung akan beranggotakan 23 pemain dengan sembilan orang official yang akan mendukung mereka.

Dukungan dari pemerintah dan masyarakat sangat diharapkan untuk memberikan semangat dan energi positif kepada tim ini.

Sementara itu, Kepala Dispora Pangkalpinang, Manto, menegaskan komitmen Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam mendukung persiapan cabang-cabang olahraga yang akan bertanding di Pangkalpinang.

Ini mencakup cabang olahraga sepak bola yang akan mengikuti prapon dan porwil. Kerja sama yang baik dengan Asprov PSSI Bangka Belitung telah menciptakan sinergi yang kuat dalam menyukseskan acara ini.

“Sesuai arahan pak wali kota, kami komitmen memfasilitasi dan membantu kegiatan olahraga di Pangkalpinang,” ucapnya.

Stadion Depati Amir akan menjadi pusat persiapan untuk berbagai acara olahraga yang akan diadakan di Pangkalpinang, termasuk prapon Oktober dan porwil November mendatang.

Ini juga mencakup persiapan untuk cabang atletik yang akan mengikuti porwil di Pekanbaru. Manto menegaskan bahwa dukungan dan bantuan akan diberikan kepada semua cabang olahraga yang akan berlaga, menunjukkan komitmen penuh dalam menjadikan Pangkalpinang sebagai tuan rumah yang sukses.

“Bukan hanya sepak bola, tapi kami akan dukung dan membantu semua cabang olahraga,” kata Manto dengan semangat.

Pertandingan sepak bola putri ini akan menjadi momen penting bagi Kepulauan Bangka Belitung. Semua mata akan tertuju pada stadion yang siap menyajikan aksi-aksi menarik dari para atlet yang telah berlatih keras.

Bagi tim Babel, ini adalah kesempatan untuk membuktikan kemampuan mereka dan memperjuangkan tempat di PON XXI 2024.

Bagi masyarakat Pangkalpinang dan seluruh Bangka Belitung, mari kita bersama-sama memberikan dukungan penuh agar acara ini menjadi sukses dan tim Babel meraih prestasi gemilang.