SUARABAHANA.COM — Gedung Serbaguna Pemkab Bangka Selatan menjadi saksi pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2025–2045 pada Senin (27/11/23).

Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Hefi Nuranda, membuka acara tersebut dengan semangat partisipatif menuju masa depan 20 tahun ke depan.

a5e4e1094a09e049e8647b08a115bb5d87302fa51e5f2313b515abd0ac4312ce.0
Sumber foto: bangkaselatankab.go.id

Forum Konsultasi Publik ini diselenggarakan sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah.

RPJPD merupakan landasan perencanaan pembangunan daerah selama 20 tahun ke depan, yang diarahkan oleh visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok pembangunan.

Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini turut memberikan dukungan kepada Pejabat Administrator Kabupaten Bangka Selatan yang sedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Angkatan III Tahun 2023.

Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi, yang mewakili Bupati Riza Herdavid, menyampaikan bahwa Forum Konsultasi Publik ini merupakan bentuk perencanaan partisipatif.

“Dengan melibatkan semua pihak berkepentingan, kita dapat bersama-sama mencurahkan ide, gagasan, dan sumbang saran yang konstruktif untuk merumuskan program pembangunan daerah yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat 20 tahun ke depan,” ungkapnya.

Wabup Debby menyoroti tantangan yang akan dihadapi Bangka Selatan dalam 20 tahun ke depan, termasuk isu megatrend dan bonus demografi.

Ia menekankan perlunya pengelolaan SDM yang unggul dan berdaya saing untuk mengelola Kabupaten Bangka Selatan di tengah dinamika global dan nasional.

Wakil Bupati juga menegaskan pentingnya sinergitas, kolaborasi, dan diskusi terbuka dalam menyusun RPJPD tahun 2025 – 2045.

“Perangkat daerah harus mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur.

Harapannya, dengan sinergi dan kolaborasi ini, penyelenggaraan pembangunan di tahun 2045 akan lebih terarah, terukur, dan akuntabel, menjawab isu-isu strategis, serta mampu menjawab tantangan dengan tepat dan strategis,” tambahnya.

Forum Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Tahun 2025 – 2045 diharapkan menjadi wahana bagi seluruh komponen masyarakat dan stakeholder untuk berpartisipasi aktif dalam merumuskan masa depan Kabupaten Bangka Selatan yang lebih baik.