SUARABAHANA.COM — Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan berkomitmen meningkatkan kualitas pengawasan keuangan desa dengan menerapkan Sistem Pengawasan Keuangan Desa (SISWASKEUDES) secara online.

IMG 20240128 080231
Sumber foto: istimewa.

Keputusan ini diumumkan oleh Inspektur Kabupaten Bangka Selatan, PD Marpaung, dalam rapat koordinasi teknis (rakornis) bersama Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka, Yuri Siswanto.

Rakornia juga melibatkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Reza Pahlevi di Gedung Basel Comand Center (BCC), pada Selasa (16/1/24).

“Kita bersama Dinas Pemdes dan Dinas Kominfo berkolaborasi untuk segera menerapkan Sistem Pengawasan Keuangan Desa (SISWASKEUDES) guna meningkatkan kualitas pengawasan keuangan desa se-Kabupaten Bangka Selatan,” ungkap PD Marpaung.

Penerapan SISWASKEUDES diharapkan dapat memperbaiki pengelolaan keuangan desa, menjadikannya lebih berkualitas, akuntabel, dan efektif.

Dengan adanya sistem ini, pengawasan oleh Inspektorat terhadap 50 desa di Kabupaten Bangka Selatan diharapkan bisa dilakukan lebih cepat dan efisien.

“SISWASKEUDES ini akan membuat pekerjaan ini lebih cepat dan efisien. Harapan akhirnya tentu saja agar pengelolaan keuangan desa lebih berkualitas, akuntabel, dan efektif,” tambahnya.

Yuri Siswanto, menyatakan dukungan penuh terhadap implementasi SISWASKEUDES.

“Kami akan mendukung penerapan SISWASKEUDES di Kabupaten Bangka Selatan. Integrasi dengan SISKEUDES yang sudah beroperasi akan mempermudah pelaksanaan pengawasan keuangan desa oleh Inspektorat,” ujarnya.

Yuri menegaskan bahwa Dinas Kominfo berkomitmen untuk menerapkan SISWASKEUDES dalam waktu dekat.

“Tim IT Dinas Kominfo secara teknis sudah berkomunikasi intens dengan admin dan operator sistem dari Pemdes maupun Inspektorat.

Target dan komitmen kita, sistem ini segera dapat diterapkan dalam waktu dekat ini,” pungkas Yuri.

Dengan langkah ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menunjukkan keseriusannya dalam meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi pengelolaan keuangan desa demi kesejahteraan masyarakat.