SUARABAHANA.COM — Pemkab Bangka Selatan menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) dan memulai penyusunan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Teknokratik untuk periode 2025–2029.

Acara ini diadakan di Ruang Studio Perencanaan Pulau Kelapan Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Toboali.

suarabahana1000000
Sumber foto: Diskominfo Bangka Selatan.

Forum Konsultasi Publik ini dilaksanakan sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, yang mengatur tata cara perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah.

Hal ini juga mencakup evaluasi rancangan peraturan daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah, dan rencana kerja pemerintah daerah.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan sedang aktif dalam penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk tahun 2025. Proses ini melibatkan tahapan penting, di antaranya penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik (FKP).

Tujuan utama dari FKP adalah untuk menjaring aspirasi dan harapan pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan di tahun yang akan datang.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan juga tengah fokus pada penyusunan Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk periode 2025–2029.

RPJMD ini merupakan dokumen perencanaan lima tahunan yang disiapkan menggunakan pendekatan teknokratik sebelum terpilihnya Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Dokumen ini memiliki basis data dan pendekatan teknokratik untuk memastikan keberlanjutan dan efisiensi dalam perencanaan pembangunan.

Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, melalui Wakil Bupati Debby Vita Dewi, menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang turut serta dalam acara tersebut.

Wakil Bupati juga mengharapkan kontribusi berupa ide, gagasan, saran, dan masukan konstruktif dari semua peserta untuk kemajuan Kabupaten Bangka Selatan.

“Saya mewakili Bupati Bangka Selatan, menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan RKPD dan teknokratik RPJMD ini.

Kita semua hadir disini dengan satu tekad dan semangat yang sama, yaitu mewujudkan daerah yang lebih baik, maju, berdaya saing, dan berkelanjutan,” ujar Wakil Bupati.

Melalui kesatuan tekad dan semangat yang ditekankan, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan berkomitmen untuk menciptakan daerah yang lebih baik dan berdaya saing melalui proses perencanaan yang matang dan partisipatif.

Aspirasi dan kontribusi dari berbagai pihak diharapkan dapat membentuk arah pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat setempat.

Sumber: Diskominfo Bangka Selatan