SUARABAHANA.COM — Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, bersama Ketua Tim Penggerak PKK, menerima penghargaan bergengsi Manggala Karya Kencana 2024 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Jumat (28/6/2024) di Semarang.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas komitmen dan peran aktif Bangka Selatan dalam pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (KB), serta percepatan penurunan stunting.

Penghargaan ini bukanlah satu-satunya prestasi yang diraih Bangka Selatan dalam waktu dekat. Dalam kurun waktu sekitar seminggu terakhir, Bangka Selatan telah meraih beberapa apresiasi bergengsi lainnya. Bupati Riza mengungkapkan rasa syukur yang mendalam atas pencapaian ini.

“Lagi-lagi, saya menghaturkan rasa syukur yang luar biasa. Dalam kurun waktu sekitar seminggu ini, Bangka Selatan mendapatkan beberapa apresiasi. Setelah mendapatkan nilai tertinggi di Babel dalam kinerja penanganan stunting dan raihan opini WTP dari BPK, saat ini kita kembali mendapatkan penghargaan dari BKKBN. Penghargaan tingkat nasional ini berupa Manggala Karya Kencana,” ujar Bupati Riza.

Penghargaan Manggala Karya Kencana diberikan atas prestasi dan komitmen serta peran serta aktif Bangka Selatan dalam berbagai program pembangunan keluarga. Kabupaten ini dinilai memberikan dukungan yang all out dan inovatif.

Bupati Riza menjelaskan beberapa langkah yang telah diambil oleh pemerintah daerahnya.”Bangka Selatan sendiri dinilai oleh pusat telah memberikan dukungan yang all out dan inovatif. Antara lain, tingkat intensitas pembinaan ke desa-desa, dukungan alokasi anggaran yang memadai, serta cara yang inovatif seperti Inovasi Pelampung (Pelayanan KB Gratis Keliling Kampung). Ini semua dilakukan dengan pendekatan kolaboratif,” kata Bupati Riza.

Salah satu tolak ukur keberhasilan Bangka Selatan adalah persentase Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) yang tertinggi kedua di Babel. Selain itu, berbagai inovasi penanganan stunting juga dilakukan secara masif. Bupati Riza menekankan bahwa apresiasi dan penghargaan ini adalah parameter kinerja pelayanan publik dan pembangunan yang telah dilakukan.

Penghargaan ini juga diharapkan dapat memotivasi kinerja pembangunan dan pelayanan publik oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan. “Apresiasi serta penghargaan ini tentunya merupakan sebuah parameter terhadap kinerja pelayanan publik dan pembangunan yang telah dilakukan.

Disematkannya penghargaan ini selanjutnya akan terus memotivasi kinerja pembangunan dan pelayanan publik oleh Pemkab Bangka Selatan. Saya memberikan apresiasi kepada jajaran dinas terkait dan termasuk TP. PKK yang juga sudah maksimal memberikan dukungan di berbagai program pembangunan keluarga,” ungkapnya.

Bupati Riza juga mengapresiasi sinergi antara semua stakeholder yang berperan dalam pencapaian ini. Ia meyakini bahwa kolaborasi yang baik akan menghasilkan hasil yang maksimal.”Saya meyakini sinergitas semua stakeholder akan menjadikan hasil yang dicapai akan maksimal,” tutupnya.

Dengan berbagai prestasi yang telah diraih, Bangka Selatan terus menunjukkan komitmennya dalam pembangunan keluarga, kependudukan, dan KB. Penghargaan Manggala Karya Kencana ini adalah bukti nyata dari kerja keras dan dedikasi seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat Bangka Selatan.

Sumber: Diskominfo Bangka Selatan