Kulur – PT Timah Tbk wujudkan keinginan masyarakat Desa Kulur Kecamatan Lubuk Kabupaten Bangka Tengah untuk memiliki ambulance akhirnya terwujud. Penyerahan bantuan satu unit mobil ambulance kepada Pemerintah Desa Kulur berlangsung Kamis (11/11/2021).

Mobil bantuan diserahkan Direktur SDM PT Timah Tbk Muhammad Rizki yang turut dihadiri Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, Camat Lubuk, Herfian, Kepala Desa Kulur Ahmad Yani, beserta masyarakat Desa Kulur.

Bantuan ini merupakan rangkaian dari Charity Week MIND ID dalam rangka HUT ke-4 MIND ID yang jatuh pada 27 November mendatang. Pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah operasional perusahaan menjadi prioritas PT Timah Tbk. Melalui CSR emiten Berkode TINS ini melaksanakan sejumlah program untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Kepala Desa Kulur, Ahmad Yani mengatakan, mereka sangat membutuhkan ambulance untuk mengantarkan masyarakat yang sakit. Selama ini, mereka hanya mengandalkan mobil operasional desa maupun mobil masyarakat untuk mengantarkan warga yang sakit.

“Sudah lama kami mengharapkan ini, karena selama ini masyarakat yang sakit kalau mendadak itu dibawa pakai mobil desa, sebelum ada mobil desa pakai mobil warga. Kondisinya seadanya, jok dilipat dipakaikan kasur, sangat jauh dari kondisi nyaman apalagi untuk membawa orang sakit,” ceritanya.

Tak hanya itu, karena hanya menggunakan mobil biasa tak jarang mereka juga tidak mendapatkan prioritas di jalan padahal kondisinya sangat genting. Ia menyebutkan, dalam sepekan paling tidak mereka membawa lebih dari 10 orang untuk berobat ke luar desa.

“Saat ini ada sekitar 200 warga kami yang sedang sakit. Kami tidak punya puskesmas yang ada hanya Polindes. Kalau mau ke Puskesmas 7 kilo jaraknya dari sini di Perlang, tapi kadang kami ke Rumah Sakit Umum Tangka Tengah, kadang ke Pangkalpinang. Makanya kami sangat membutuhkan ambulance kalau tidak cepat dibawa bisa berbahaya ini kan menyangkut keselamatan orang,” sebut Ahmad Yani.

Untuk itu, dirinya bersyukur dengan adanya bantuan mobil ambulance dari PT Timah Tbk. Selain mempermudah ini juga membantu masyarakat secara ekonomi. Mewakili masyarakat ia mengucapkan terima kasih atas kepedulian PT Timah Tbk.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengapresiasi PT Timah Tbk yang tak henti-hentinya membantu masyarakat Bangka Tengah melalui CSR. Ia sangat mengakui sinergitas yang telah dijalin PT Timah Tbk khususnya dengan Pemkab Bangka Tengah.

“Alhamdullillah sinergitas teman-teman dari PT Timah yang telah membantu masyarakat di Desa Kulur, bukan hanya di sini artinya di beberapa tempat juga sudah dibantu. Ini yang kita harapkan, kehadiran korporasi itu memberikan dampak kepada masyarakat dan ini dibuktikan PT Timah,” sebutnya.

Bupati berpesan kepada Pemerintah Desa Kulur agar ambulance bantuan itu dapat dirawat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga manfaatnya bisa terus dirasakan masyarakat.

“Tugas Pemerintah Desa sekarang merawat, menjaga sehingga mobil ambulance ini terawat dan bisa dipakai lama. Anggarkan di APBDes untuk biaya operasional, perawatan, termasuk sopirnya. Sehingga ini betul-betul bisa bermanfaat untuk masyarakat,” sebutnya.

Salah satu Tokoh masyarakat Desa Kulur, H. Mukri menyebutkan bantuan ambulance ini memang sangat dibutuhkan masyarakat. Selama ini, warga memang sangat kesulitan untuk membawa orang sakit.

“Dulu kalau orang sakit sering pakai mobil saya, kadang jam 1 malam kita antar tapi dengan peralatan seadanya kadang kita was-was juga, karena tidak ada oksigen, pakai kasur seadanya. Alhamdullillah sekarang sudah ambulance dari PT Timah Tbk, kami sangat senang dan berterimakasih sekali,” sebutnya.

Sementara itu Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan PT Timah Tbk terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Selain bantuan ambulance, PT Timah Tbk juga melaksanakan beberapa program seperti Mobil Sehat, dan Layanan Vaksinasi.

“Penyerahan mobil ambulance ini bagian dari rangkaian Charity Week MIND ID, bagaimana kami sebagai anggota Holding Industri Pertambangan terus berkontribusi kepada masyarakat dalam berbagai sektor, salah satunya sektor kesehatan,” sebutnya.