Bupati Minta Warga Basel Dapat Akses Layanan Kesehatan dan Terjamin

Toboali – Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid meminta agar bidang kesehatan menjadi perhatian serius dinas terkait lantaran cakupan kesehatan semesta (Universal Health Coverage/UHC) di daerah itu belum 100 persen berjalan.

Hal ini disampaikan Bupati saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Tahun 2023, Rabu (30/3/22), di Gedung Serbaguna Pemkab Bangka Selatan.

IMG 20220520 WA0002

“Sistem perawatan dan pelayanan kesehatan yang menjamin semua penduduk Bangka Selatan memiliki akses untuk mendapatkan layanan kesehatan belum berjalan 100 persen,” kata Riza secara virtual.

Menurut Riza, selain sangat penting, UHC merupakan salah satu dari Visi Misi Riza Herdavid – Debby Vita Dewi yang belum 100 persen berjalan. Untuk itu dia meminta agar masalah ini segera diselesaikan.

Bupati Basel Riza Herdavid. Foto: Diskominfo Basel.
Bupati Basel Riza Herdavid. Foto: Diskominfo Basel.

Untuk itu, tegas Riza, dia berharap pada anggaran perubahan tahun 2022 terjadi perubahan ke arah perbaikan kualitas dan cakupan layanan kesehatan untuk masyarakat Bangka Selatan.

“Saya juga minta agar dinas terkait dapat meningkatkan kepekaan terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat. Jadikan itu semua sebagai amal jariyah kita,” harap Riza.

Sementara Wakil Bupati Debby Vita Dewi yang membuka acara Musrenbang menyebut Musrenbang tahun 2022 merupakan penjabaran kedua dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

Oleh karenanya, untuk hasil yang optimal dibutuhkan dukungan dalam upaya bersama-sama membangun Kabupaten Bangka Selatan. Aspirasi dari pihak terkait harus diserap dan dijabarkan dalam bentuk program yang Pro Rakyat.

“Dasar kita bergerak adalah kondisi kekinian bahwa IPM masih berada dibawah rata-rata Kabupaten/Kota di Provinsi Bangka Belitung, Meningkatnya tuntutan masyarakat terkait pemenuhan pelayanan kebutuhan dasar,” tandas Debby.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.