Anggaran untuk Statistik dan Kominfo di Sejumlah Daerah Masih Sangat Kecil

Sidoarjo — Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Aston Sidoarjo Jawa Timur (Jatim), Kamis ( 17/3/2022).

Rakernas yang diikuti oleh Kepala Dinas Kominfo Provinsi & Kabupaten / Kota terpilih seluruh Indonesia mengangkat tema “Percepatan Penguatan Diskominfo sebagai Walidata Guna Mendukung Terwujudnya Satu Data Indonesia”.

Narasumber yang hadir yakni Direktur SUPD II Ditjen Bangda Kemendagri Iwan Kurniawan, Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS Pusat Imam Machdi, Kedeputian Bidang Kelembagaan dan Tatalaksana Kemenpan RB, serta dari Sekretariat SDI Bappenas.

Kepala Dinas Kominfo Kota Pangkalpinang, Sarbini, mengatakan bahwa dari hasil pembahasan saat Rakernas menggaris bawahi antara lain koordinasi, kolaborasi dan sinergi mutlak harus dilakukan antara Pemerintah Pusat, Daerah Propinsi dan Kabupaten/Kota.

Selain itu, kata Sarbini, dukungan penganggaran & SDM juga harus memadai. Komitmen yang kuat dari seluruh pihak terkait akan mewujudkan data yang berkualitas dan dapat berbagi pakai.

“Mengutip narasumber dari Kemendagri mengatakan bahwa rata-rata daerah menganggarkan sangat kecil untuk urusan statistik dan termasuk juga urusan Kominfo juga kecil sehingga menjadi tantangan tersendiri,” ujar Sarbini.

Untuk itu, upaya percepatan penguatan Diskominfo perlu dukungan regulasi sebagai payung hukum penganggaran dalam proses pengalokasian anggaran yang memadai, pengembangan SDM, maupun tata kelola data secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.