TOBOALI, SUARABAHANA COM — Wakil Bupati (Wabup) Bangka Selatan Debby Vita Dewi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Registrasi Sosial Ekonomi (REGSOSEK) yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka Selatan di Ballroom Hotel Grand Marina Toboali, Selasa (27/9/2022).

Membaca sambutan Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, Wakil Bupati Debby Vita Dewi menyampaikan, REGSOSEK adalah bagian dari Reformasi Sistem Perlindungan Sosial yang konsepnya telah dirancang sejak tahun 2020. Untuk itu pemerintah merasakan bahwa pelaksanaan perlindungan sosial perlu perbaikan.

Dinyatakan Debby, bantuan sosial sebagai bagian dari perlindungan sosial harus disalurkan tepat sasaran pada masyarakat yang betul-betul membutuhkan, termasuk yang terkena guncangan seperti Pandemi Covid-19.

IMG 20220927 102404
Sumber foto: istimewa.

Namun seperti diketahui jenis dan jumlah program bantuan sosial terus bermunculan sejak Maret 2020 lalu. Kejadian ini tidak hanya terjadi di pemerintah pusat, pemerintah daerah pun melakukan hal yang sama.

[irp]

“Keadaan ini bertambah riuh dengan kenyataan bahwa beberapa kementerian dan lembaga memiliki basis data untuk menyalurkan program bantuan sosialnya, dan sebagian dari mereka memiliki dasar hukum berupa undang-undang, atau peraturan perundangan yang lebih rendah,” terang Debby.

Menurutnya, kondisi ini diperparah dengan munculnya minimal dua gejala yang amat menantang di Pemerintah Pusat, pertama kementerian atau lembaga produsen data tidak ingin berbagi-pakai data yang mereka miliki.Kedua, umumnya para produsen data ini tidak melakukan pembaruan data dengan tata kelola, metode dan disiplin yang ilmiah.

Kejadian ini tidak boleh dibiarkan berlangsung selamanya. Diperlukan cara untuk menciptakan ekosistem pendataan perlindungan sosial yang terintegrasi secara menyeluruh. Salah satu usaha utama adalah melalui perbaikan pelengkapan data sosial ekonomi yang mencakup seluruh penduduk.

Presiden secara jelas mengamanatkan pelaksanaan REGSOSEK pada Pidato Kenegaraan tanggal 16 Agustus 2022 yang lalu. Dan BPS ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan ini. Tentunya di Kabupaten Bangka Selatan harus mendapat dukungan penuh dari Pemkab Bangka Selatan.