SUARABAHANA.COM — Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 di halaman Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Selasa (02/05/23). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen).

“Selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara.

IMG 20230503 WA0005
Sumber foto: istimewa.

Yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” ucap Molen sapaan Wali Kota Pangkalpinang diawal sambutannya.

Dia menyampaikan anak-anak sekarang ini bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan Pendidikan.

“Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka,” tuturnya.

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Selain itu pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar.

“Saya mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional dan berharap apa yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Merdeka Belajar tetap terus berjalan dan ditingkatkan. Siap mendukung program Merdeka Belajar yang telah berjalan selama ini,” katanya.

Kata Molen Pemkot Pangkalpinang terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, serta kualitas sumber daya manusia yakni tenaga pendidik salah satunya dengan mempersilahkan mereka yang ingin melanjutkan sekolah atau pendidikan.

“Kami terus berupaya berbenah dan melengkapi itu. Berupaya meningkatkan SDM dengan mempersilahkan sekolah dan terus belajar,” tutupnya.

FOLLOW berita Suara Bahana lainnya di Google News